Cara Mengatasi Keyboard PC yang Tidak Berfungsi di Windows 10

Belvedere

Cara Mengatasi Masalah Keyboard PC yang Tidak Berfungsi di Windows 10

Cara Mengatasi Keyboard PC yang Tidak Berfungsi di Windows 10 – Apakah Anda pernah mengalami masalah ketika menggunakan komputer dengan sistem operasi Windows 10, di mana tiba-tiba keyboard Anda tidak merespons sama sekali? Jika iya, Anda tidak sendirian. Masalah keyboard yang tidak berfungsi adalah salah satu permasalahan umum yang sering dialami oleh pengguna Windows 10. Ketika hal ini terjadi, dapat menyebabkan frustrasi dan menghambat produktivitas Anda dalam melakukan berbagai tugas.

Namun, jangan khawatir, dalam artikel ini, Belvedere Punk akan membahas berbagai cara efektif untuk mengatasi masalah keyboard yang tidak berfungsi di Windows 10. Dengan beberapa langkah sederhana dan solusi praktis, Anda akan dapat mengatasi masalah ini dan kembali menggunakan keyboard PC Anda dengan lancar seperti sedia kala. Mari kita eksplorasi bersama beberapa metode perbaikan yang dapat membantu Anda mengatasi masalah keyboard yang tidak berfungsi di sistem operasi Windows 10.

Baca Juga: Cara Mengatasi Kamera iPhone 7 yang Goyang

Pemeriksaan Awal

Sebelum kita melakukan langkah-langkah perbaikan lebih lanjut, ada beberapa hal yang perlu diperiksa untuk memastikan masalah tersebut bukan karena hal-hal sederhana yang dapat diatasi dengan mudah. Berikut adalah beberapa pemeriksaan awal yang perlu Anda lakukan:

1. Pastikan Keyboard Terhubung dengan Benar

  1. Cabut kabel keyboard dari port USB dan sambungkan kembali dengan hati-hati untuk memastikan koneksi yang baik.
  2. Jika Anda menggunakan keyboard nirkabel, pastikan bahwa baterai masih memiliki daya dan bahwa keyboard sudah terhubung dengan perangkat penerima (receiver) dengan benar.

2. Restart Komputer Anda

Beberapa masalah perangkat keras dan perangkat lunak dapat diatasi dengan cukup mudah dengan melakukan restart pada komputer. Cobalah untuk me-restart komputer Anda dan periksa apakah masalahnya sudah teratasi setelahnya.

3. Gunakan Keyboard di Komputer Lain

Apabila Anda memiliki akses ke komputer lain, Anda dapat mencoba menghubungkan keyboard ke komputer tersebut untuk memastikan bahwa keyboard tidak rusak. Jika keyboard berfungsi dengan baik di komputer lain, kemungkinan besar masalah ada pada PC Anda.

Baca Juga: Cara Mengatasi Baterai HP yang Tidak Terisi Penuh

Pembaruan Sistem Operasi dan Driver

Ketika keyboard berhenti berfungsi di Windows 10, perbarui sistem operasi dan driver keyboard dapat menjadi solusi yang efektif. Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan:

1. Perbarui Windows 10 ke Versi Terbaru

  1. Buka “Pengaturan” dengan mengklik ikon roda gigi di menu Start, kemudian pilih “Pembaruan & Keamanan.”
  2. Di jendela “Pembaruan & Keamanan,” klik “Periksa Pembaruan.” Jika ada pembaruan yang tersedia, instal pembaruan tersebut dan restart komputer setelah selesai.

2. Perbarui Driver Keyboard

  1. Tekan “Win + X” pada keyboard dan pilih “Pengelola Perangkat” dari menu yang muncul.
  2. Di jendela “Pengelola Perangkat,” cari dan klik “Tampilan” untuk mengeluarkan opsi ekspansi perangkat.
  3. Cari dan klik kanan pada “Keyboard” untuk memilih opsi “Perbarui driver.”
  4. Pilih “Cari secara otomatis perangkat lunak driver yang diperbarui” dan ikuti petunjuk untuk menyelesaikan proses pembaruan driver.

3. Uninstall dan Instal Ulang Driver Keyboard

  1. Kembali ke “Pengelola Perangkat” seperti yang dijelaskan sebelumnya.
  2. Cari dan klik kanan pada “Keyboard” dan pilih “Uninstall device.”
  3. Setelah proses penghapusan selesai, restart komputer Anda.
  4. Setelah restart, Windows akan menginstal ulang driver keyboard secara otomatis.

Masalah Perangkat Keras

Jika langkah-langkah di atas tidak berhasil mengatasi masalah, kemungkinan ada masalah pada perangkat keras keyboard atau port USB. Berikut adalah beberapa langkah untuk mengatasi masalah perangkat keras:

1. Cek Fisik Keyboard

  1. Periksa keyboard secara fisik untuk melihat apakah ada kerusakan seperti kabel yang rusak atau tombol yang macet.
  2. Bersihkan keyboard dengan hati-hati untuk menghilangkan debu dan kotoran yang mungkin mengganggu kinerjanya.

2. Gunakan Port USB Lain

Cobalah untuk mencolokkan keyboard ke port USB yang berbeda. Mungkin ada masalah pada port USB yang Anda gunakan sebelumnya.

3. Gunakan Keyboard Eksternal

Jika keyboard internal Anda tetap tidak berfungsi, Anda dapat mencoba menggunakan keyboard eksternal melalui koneksi USB untuk sementara waktu.

Cek Masalah Perangkat Lunak Lainnya

Kadang-kadang, masalah perangkat lunak lainnya dapat menyebabkan keyboard menjadi tidak responsif di Windows 10. Berikut adalah langkah-langkah untuk memeriksa kemungkinan masalah perangkat lunak lainnya:

1. Cek Pengaturan Bahasa dan Masukan

  1. Buka “Pengaturan” dan pilih “Waktu & Bahasa.”
  2. Di bagian kiri jendela, pilih “Bahasa” dan pastikan bahwa bahasa yang digunakan diatur dengan benar.
  3. Pilih “Masukan” di bagian kiri jendela dan periksa apakah keyboard yang digunakan terdaftar dan diatur dengan benar.

2. Nonaktifkan Filter Tuts

Beberapa filter tuts pada Windows dapat menyebabkan masalah dengan keyboard. Untuk menonaktifkannya:

  1. Buka “Pengaturan Aksesibilitas” dengan mencari di menu Start atau tekan “Win + U.”
  2. Di jendela “Pengaturan Aksesibilitas,” pilih “Keyboard” di sebelah kiri.
  3. Pastikan “Filter Tuts” dimatikan.

3. Periksa Aplikasi Pihak Ketiga

Beberapa aplikasi pihak ketiga dapat menyebabkan konflik dengan driver keyboard. Coba matikan sementara aplikasi pihak ketiga Anda dan periksa apakah masalahnya teratasi.

Periksa dengan Mode Aman

Mode Aman adalah cara yang baik untuk memeriksa apakah masalah dengan keyboard terkait dengan program atau perangkat lunak yang berjalan di latar belakang. Berikut adalah cara untuk masuk ke Mode Aman di Windows 10:

  1. Tekan “Win + R” untuk membuka jendela “Run”.
  2. Ketik “msconfig” dan tekan Enter untuk membuka “System Configuration.”
  3. Di tab “Boot,” centang kotak “Safe boot” dan pilih “Minimal.”
  4. Klik “OK” dan restart komputer Anda.

Apakah keyboard berfungsi dengan baik di Mode Aman? Jika ya, kemungkinan masalah disebabkan oleh program atau driver yang berjalan di mode normal. Anda dapat mencoba menonaktifkan program dan driver tersebut satu per satu untuk mengidentifikasi yang menyebabkan masalah.

Kesimpulan

Masalah keyboard yang tidak berfungsi di Windows 10 dapat menghambat produktivitas dan mengakibatkan frustrasi. Namun, dengan langkah-langkah yang tepat, masalah tersebut dapat diatasi dengan mudah. Pada artikel ini, kami telah membahas berbagai langkah mulai dari pemeriksaan awal, pembaruan sistem operasi dan driver, perbaikan masalah perangkat keras, hingga pengecekan masalah perangkat lunak lainnya. Semoga artikel ini membantu Anda dalam mengatasi masalah keyboard PC yang tidak berfungsi di Windows 10. Jika masalahnya tetap berlanjut setelah mengikuti langkah-langkah di atas, disarankan untuk berkonsultasi dengan teknisi komputer profesional untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Also Read

Tinggalkan komentar